Tips Menumbuhkan Semangat Beribadah

Ibadah adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang yang mengakui dirinya muslim. Karena ibadah adalah jembatan bagi seseorang untuk menuju syurganya Allah Subahanahu Wa Ta’ala. Namun, didalam beribadah tentu semangat seseorang dapat berubah-ubah. Tidak dapat dipungkiri karena manusia adalah makhluk yang memiliki rasa bosan dan jenuh. Untuk itu ada beberapa tips dalam menumbuhkan semangat beribadah.

  1. Perbaharui niat

Perbaiki niat agar keikhlasan tetap hadir setiap kali beribadah. Jika niatan ikhlas ini selalu dirasakan, tergambarlah pahala dan sifat merasa diawasi oleh-Nya. Dengan demikian, semangat untuk beribadah pun akan terus terjaga.

2. Utamakan yang wajib

Kadang kala seseorang sangat bersemangat dalam suatu amalan sunnah, namun lalai dalam ibadah wajib. Hal ini tentu sebuah kekeliruan besar. Sebab dengan mengutamakan ibadah wajib, maka akan muncul semangat untuk melakukan ibadah sunnah.

3. Jadikan ibadah sebagai kebutuhan

Jika kita menjadikan ibadah sebagai kebutuhan maka kita tidak akan ingin meninggalkan ibadah tersebut, kita akan merasa tidak nyaman jika kita meninggalkannya.

4. Perbanyak dzikir dan berdoa

Dengan memperbanyak dzikir dan doa, akan menumbuhkan semangat dalam beribadah, karena dzikir dapat mendekatkan diri kepada Alllah. Jika sudah begitu kita akan enggan meninggalkan ibadah.

5. Membentuk hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar

Hubungan atau lingkungan juga dapat berpengaruh kepada ibadah kita, karena itu hubungan yang harmonis juga dapat menumbuhkan semangat kita dalam beribadah.

Nah, itulah tadi tips dalam menumbuhkan semangat beribadah, lakukan tips tersebut agar dapat menumbuhkan semangat kamu dalam beribadah. Dalam hadits qudsi, Rasulullah bersabda bahwasanya Allah berfirman, “.. Dan tidaklah ada seorang hamba yang mendekatkan dirinya kepada-Ku, dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada amalan yang Aku wajibkan kepadanya.” (HR. Al Bukhari).

~M Khoirul Husein (Mahasiswa KPI)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *