BAHAYA BEGADANG BAGI ANAK MUDA

Sumber foto : Kalbar iNews.id

Segudang aktivitas padat dan full terkadang memngharuskan kita untuk terjaga hingga larut malam. Bahkan bagi beberapa orang yang tidak memiliki aktivitas atau kegiatan tetapi begadang sudah menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan dan ditinggalkan.

Tanpa disadari efek begadang yang mereka lakukan berdampak besar bagi mereka salah satunya pada kesehatan tubuh, bukan hanya itu begadang juga berpengaruh pada daya ingatan serta penampilan.

Dampak dari begadang sangatlah nyata. Risiko minculnya berbagai penyakit akibat yang dilakukan terus menerus itu tidak bisa kita abaikan selain mebuat kita tidak fokus dan kelelahan, kurang tidur akibat begadang juga busa berpengaruh pada komdisi emosi dan psikologi, kebiasaan ini pun dapat mengakibatkan risiko berbagai penyakit diantaranya :

  1. Gangguan Mental

Tidur dibutuhkan untuk mengistirahatkan tubuh dari aktivitas yang dilakukan seharian, dengan melakukan aktivitas dengan istirahat yang cukup kita akan semangat dan lebih fokus dan baik dalam mengerjakan sesuatu.

Apabila seseorang kekurangan tidur, kemampuan mental dan keadaan emosi kita dapat terganggu, sepertti kita dapar berhalusinasi seperti sedang melihat atau mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

  1. Diabetes dan Penyakit Jantung

Saat tertidur, sistem daya tahan tubuh memproduksi senyawa yang dapat dan bisa melindungi tubuh dan melawan infeksi, antibodi dan silokin
Bahaya begadang dapat menganggu sistem daya tahan tubuh berfungsi secara maksimal, sehingga tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari penyakit.

  1. Obesitas

Penyakit akibat bergadang yang dilakukan terus-menerus disertai dengan berlebihan dan kurang olahraga adalah adalah penyakit berat badan berlebih dan obesitas.

Semakin lama Anda kekurangan tidur, maka aktivitas akan semakin menurun sehingga mengakibatkan berat badan naik, karna kita tidak membakar cukup kalori.

  1. Stroke

Bergadang berakibat pada pembuluh darah yang tidak berfungsi secara optiml, karna itu. Penyakit akibat begadang yang dapat muncul salah satunya adalah stroke, tentunya penyakit stroke dapat dicegah dengan memperhatikan pola hidup kita dan menjaga jadwal tidur.

  1. Penuan Dini

Kekurangan tidur yang sering dilakukan akan menimbulkan mata bengkak, kulit pucat, selain itu, kekurangan tidur berkepanjangan dapat memicu garis halus pada wajah serta lingkaran dibawah mata.

Saat Anda kekurangan tidur, hormon kortisol semakin banyak diproduksi dan kolagen pada kulit dapat pecah, kolagen adalah protein yang menjaga kulit tetap halus dan elastis. Inalah alasan mengapa penuaan dini menjadi salah satu penyakit akibat begadang

Banyak penyakit yang akan ditimbulakan oleh begadang dan kurangnya tidur yang sering kita lakukan, maka dari itu kita harus menjaga pola hdup dan istirahat agar tetap bisa melakukan aktivitas tanpa merasakan badan yang tidak sehat.

Adilla Marsita (Mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *