Selain Berdampak Negatif, Ternyata Begadang Juga Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

Sumber Foto : boombastis.com

Menurut KBBI begadang adalah suatu kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur saat pagi datang. Kebiasaan begadang ini sangat banyak di lakukan oleh anak muda saat ini, apalagi bagi mahasiswa-mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir kuliah. Seperti yang kita tahu begadang memiliki dampak negatif bagi kesehatan karna perilaku ini membuat waktu tubuh untuk beristirahat jadi berkurang. Namun, dibalik banyak nya dampak negatif dari perilaku begadang, ternyata juga memikili dampak positif nya. Berikut pemaparan nya:

Dilansir dari situs idntimes.com, ada 5 manfaat begadang, diantaranya:

  1. Menjadi lebih pintar
    Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personal and Individual Differences mengungkapkan bahwa mayoritas anak yang cerdas terbiasa tidur larut malam dan bangun terlambat. Sebenarnya begadang tidak akan membuat seseorang lebih pintar. Akan tetapi, jika seseorang begadang karena melakukan hal yang bermanfaat sampai larut malam, seperti belajar, membaca, menulis, maka hal ini tentunya membuat orang yang sering begadang menjadi lebih cerdas daripada mereka yang tidak begadang. Jadi kesimpualan nya, begadang itu bermanfaat bagi seseorang jika selama begadang ia melakukan aktifitas yang bermanfaat.
  2. Meningkatkan kekuatan
    Selain kecerdasan, kekuatan fisik juga dapat meningkat bagi orang-orang yang gemar begadang. Sebuah penelitian dari University of Alberta menemukan bahwa sementara kekuatan manusia di padi hari tetap konsisten sepanjang hari, tetapi orang yang suka begadang justru menunjukan puncak kekuatannya di malam hari. Hal ini dimungkinkan terjadi karena adanya peningkatan korteks motorik dan ransangan sumsum tulang belakang di malam hari.
  3. Meningkatkan kemampuan untuk bekerja secara kreatif dan mendapatkan ide brilian
    Disadari atau tidak, banyak orang yang mengaku lebih suka bekerja di malam hari karena di saaat ini lah ide-ide brilian biasanya bermunculan. Pernyataan ini juga diperkuat dengan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personal and Individual Differences, yang menemukan bahwa orang yang suka begadang cenderung lebih dapat menemukan solusi kreatif untuk setiap masalah.
  4. Meningkatkan kewaspadaan
    Kendati kamu sering begadang, tapi asalkan tiap harinya kamu mendapatkan jam tidur yang cukup, hal ini benar-benar dapat meningkatkan kewaspadaanmu. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science, didapatkan hasil bahwa peserta yang tidur larut malam memiliki tingkat kewaspadaan yang lebuh lama daripada mereka yang tidur lebih awal di malam hari.
  5. Tubuh lebih rileks di pagi hari
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster, mereka yang tidur lebih lambat memilki tingkat kortisol yang lebihb rendah di pagi hari, hal ini membuat orang yang tidur larut malam memiliki tingkat stres yang rendah.

Demikian lah beberapa manfaat begadang bagi tubuh seseorang. Kendati demikian, tetap disarankan jika kita tidur lebih awal karena hal ini akan berdampak lebih baik bagi tubuh ketimbang begadang.

~Heru Praseptian

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *