UPDATE! Informasi Terkini PMB UIN IB Padang

Padang (DKTV)

Kabar terkini Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Imam Bonjol (IB) Padang meloloskan sebanyak 3.000 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) melalui jalur SPAN-PTKIN. Sekitar 63 Camaba sudah mendapatkan bangku kuliah di Fakultas Sainstek melalui jalur SNBP.

“Total yang diluluskan melalui jalur SPAN, sekitar 3000 camaba,” ucap Ketua Admisi UIN IB 2024 Ilham Dangu Rianjaya, M.Si. CIIQA.

Lanjutnya, bagi Camaba yang masih belum lulus diharapkan mencoba jalur lainnya yang sudah tersedia. “Selain itu, bagi Camaba yang belum lulus masih tersedia jalur-jalur lain yang bisa diambil, seperti UM-PTKIN, Jalur Prestasi, SMM-PTN, dan Jalur Mandiri,” sambungnya.

Tidak hanya itu, Ilham Dangu Rianjaya juga menyampaikan bahwasanya bagi Camaba yang berminat dalam Program Studi (Prodi) Diploma III Ilmu Perpustakaan dan Program S1 Matematika dan S1 Sistem Informasi sudah tersedia jalur khusus yaitu prestasi pada Gelombang pertama.

Terlebih lagi, khusus jalur prestasi akan mendapatkan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan kategorisasi UKT 1.

“Jadi diharapkan jangan sampai dilewatkan,” tegasnya.

Terkait program PMB jalur mahasiswa asing masih dalam perkiraan. Sebab, masih belum adanya Camaba asing yang mencoba menghubungi pihak admisi secara resmi. Akan tetapi, terdapat ada empat negara Asia Tenggara yang sudah berkomunikasi kepada beberapa dosen dari fakultas yang berbeda. Tentunya, hal ini dapat berkemungkinan untuk mendaftar di kampus UIN IB Padang.

“Sampai saat ini belum ada yang menghubungi langsung ke pihak admisi secara resmi. Namun ada empat negara Asia Tenggara yang telah menghubungi beberapa dosen di beberapa fakultas yang berbeda. Terkait kemungkinan mendaftar di UIN IB,” ungkapnya saat diwawancarai via online oleh wartawan DKTV.

Lanjutnya, berdasarkan informasi yang didapatkan empat negara tersebut ialah Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kamboja. Bahkan, negara timur tengah Mesir yang akan mendaftar Program Pascasarjana.

“Ada juga beberapa kabar pendaftar dari Mesir. Namun, lebih ditujukan untuk pascasarjana,” sambungnya.

Ilham Dangu Rianjaya juga menyampaikan tentang belum adanya batasan maksimal untuk jumlah mahasiswa asing yang akan mendaftar. Sebab, mengingat program ini sangat membantu Prodi yang ada di UIN untuk memiliki mahasiswa asing, sebagai tambahan penilaian di Akreditasi Prodi.

Lanjutnya, tentang prosedur pendaftaran dapat langsung mengakses melalui pmb.uinib.ac.id. Setelah itu, akan dilakukannya seleksi berkas sampai wawancara. Lalu, akan diumumkan langsung hasil penerimaannya.

Ilham Dangu Rianjaya berharap, semoga tahun ini jumlah mahasiswa mancanegara dapat bertambah agar memberikan dampak positif bagi civitas akademik serta bagi institusi.

“Teruntuk bagi siswa yang telah lulus SPAN maupun SNBP diharapkan segera melakukan mendaftar ulang melalui registrasi.uinib.ac.id,” tutupnya.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *